Pencarian

Jumat, 22 Juli 2011

FACEBOOK SEHATKAN MANULA


  
     Facebook,yaa…situs jejaring sosial yang sangat tidak asing lagi bagi kita,sekarang ini memang baru ‘ ngetrend – ngetrendnya ‘,digandrungi banyak orang di dunia.Tidak hanya berhasil menghipnotis kaum muda,tetapi juga remaja dan anak – anak,dan kemungkinan juga seseorang yang telah berumur pun mungkin nantinya juga akan ikut kecanduan Facebook.

     Seperti yang ditulis Daily Mail, beberapa ilmuwan mengumumkan  penelitiannya,bahwa Facebook dan You Tube bisa membantu mengaktifkan kembali ‘ otak ‘ seseorang yang sudah termasuk golongan tua,serta mencegah hilangnya memori.Kemungkinan diperkirakan juga bisa untuk mengurangi stress dan depresi.

     Berdasarkan penelitian tersebut,para ilmuwan mengatakan bahwa seseorang yang telah pensiun dan membuat kesibukan dengan situs jejaring social, dan melakukan selancar di komunitas dunia maya lainnya, seperti Skype, mempunyai kondisi otak yang lebih fleksible daripada oaring – orang tua yang tidak melakukan aktifitas situs jejaring social.

     Menggunakan internet secara aktif juga dikatakan bisa mengurangi gejala was – was,setress dan depresi serta membantu para pensiunan untuk mengembangkan jaringan pendukung sosialnya.

     Marco Trabucci, ketua Asosiasi Psychogeriatrics di Italia yang melakukan studi tadi juga mengatakan bahwa situs jejaring sosial juga dapat menjaga budaya rasa ingin tahu terhadap kehidupan para lansia.Kondisi ini dapat meningkatkan kinerja kognitif, sehingga otak dapat menjadi segar kembali, serta merangsang perhatian, memori dan persepsi. “ Hal tersebut menjadikan para lansia merasa menjadi lebih muda “.

     Penelitian dilakukan dengan mempelajari kehidupan para lansia yang tinggal dip anti jompi di Cremona Dan Brescia,Italia Utara.Para lansia tersebut di berikan masing – masing sebuah laptop dengan koneksi internet dan pelajaran tentang tutorial bab cara – cara selancar di dunia maya.Para lansia tersebut juga diberi tahu tentang pengaturan akun masing – masing, termasuk cara menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter serta layanan Skype.Ternyata, responden yang secara aktif menggunakan teknologi modern mempunyai memori lebih bagus daripada yang tidak memnggunakan internet.

     Mr Trabucci mengatakan ; “  Facebook merupakan salah satu jendela menuju dunia bagi warga tua kita.Hal ini menjadikan para lansia tetap dapat saling mengontak terhadap anggota muda keluarganya,yang akhirnya menjadikan para lansia menjadi lebih sehat dan waspada.

0 komentar:

Posting Komentar