Pencarian

Selasa, 10 Januari 2012

CD -DVD Room Drive Tidak Muncul Dijendela My Computer



     Masalah seperti ini mungkin juga pernah teman - teman alami, CD- DVD ROM drive tidak muncul di jendela My Computer.Hal bukanlah masalah yang asing dan merupakan masalah yang sangat umum pada laptop dan PC, dan juga penyebab dari masalah ini juga sangat beragam. CD- DVD ROM drive tidak muncul bisa terjadi karena disebabkan oleh kerusakan CD ROM drive atau oleh masalah perangkat lunaknya itu sendiri.
      CD- DVD ROM drive hilang dari jendela My Computer harus kita pastikan penyebabnya apakah karena masalah hardware ataukah software. Caranya adalah silahkan buka BIOS dan lihat apakah CD- DVD ROM drive terdaftar di sana atau hilang juga. Jika ada maka itu berarti bukan masalah hardware.
Selanjutnya lakukan langkah-langkah penelusuran berikut ini;
  1. Pastikan laptop/PC kalian bersih dari virus karena virus tertentu dapat menyebabkan masalah ini sehingga kalian tidak bisa menginstall antivirus.
  2. Masuk ke Device Manager dan uninstall CD/DVD drive dari device manager kemudian restart komputer agar CD Rom drive dideteksi ulang kembali. Bagi teman - teman yang sudah familiar dengan registry, cara diatas dapat juga dilakukan di regedit.
  3. Jika metode disebutkan di atas tidak bekerja, kalian dapat mencoba untuk membuka pasang kembali drive optis. Lepaskan kabel daya dan kabel datanya lalu pasang kembali. Untuk laptop, cobalah keluarkan CD-ROM drive dan kemudian pasang kembali. Lihat apakah cara ini memperbaiki masalah.
  4. Teman - teman juga dapat mencoba boot dari CD bootable untuk melihat apakah laptop kalian mengenali CD-ROM drive pada tingkat BIOS. Masukkan CD bootable dan start laptop kalian sebagaimana ketika akan menginstall sistem operasi. Jika kalian memastikan bahwa piringan CD installer masih baik dan laptop/PC tidak bisa boot dari CD bootalbe, maka kemungkinan besar drive sudah rusak dan harus diganti.

1 komentar:

Posting Komentar