Pencarian

Selasa, 10 Januari 2012

Mengcopy CD Saat CD Room Rusak



    
      Dalam postingan kali ini, kita akan membahas tentang penggunaan Unstoppuble Copier.Sebuah software yang ada kaitannya dengan penggunaan CD maupun CD/DVD Room.Nah untuk lebih jelasnya langsung saja kita ketopik utama

      Mungkin teman - teman juga pernah bukan mengalami masalah dalam komputer kita, seperti contoh misalnya dalam kasus sistem operasi crash atau mungkin sistem operasi rusak sama sekali, nah untuk itu teman - teman pasti perlu untuk menginstal ulang sebagian besar perangkat lunak kalian. Memang pada umumnya dalam komputer, selain dari sistem operasi, pasti banyak aplikasi juga. Jika teman - teman cukup beruntung memiliki cadangan CD-nya, kalian  juga dapat mengembalikan file data pribadi kalian masing - masing. Tetapi bagaimana jika CD Driver rusak? Bagaimana mengambil data dari CD yang rusak?.
Rusak yang saya maksud adalah CD yang sudah tidak bisa dibaca komputer secara normal, bukan CD yang pecah dan rusak total secara fisik.
      Mungkin kalian memiliki hard drive kedua untuk menyimpan semua backup atau mungkin kalian juga menggunakan fasilitas backup online yang ditawarkan di internet. Tapi jika kalian  tidak memiliki atau tidak menggunakan salah satu, kemungkinan kalian memiliki backup pada CD-ROM atau DVD. Dalam kebanyakan kasus jika CD atau DVD sudah sedikit lebih tua, atau telah digunakan begitu sering sehingga banyak goresan dan hampir tidak terbaca. Itulah masalahnya.
      Jika teman - teman menjalankan MS Windows, kalian memiliki masalah mengembalikan file dari CD atau DVD yang rusak. Sistem operasi akan mencoba untuk mengakses disk dan membaca file sistem didalamnya. Jika gagal, kalian tidak dapat mengakses salah satu file di dalamnya. Dan bahkan jika dapat membaca daftar folder dan file, masih ada kemungkinan file rusak. Setelah komputer mulai menyalin, Windows akan berhenti beroperasi bila gagal membaca atau mengcopy file.
      Kebanyakan dari folder dan file informasi, serta data file sebenarnya masih dapat diakses pada CD atau DVD yang rusak. Hanya saja Windows susah membaca disk yang kabur. Jadi diperlukan sebuah program yang memberi cara pendekatan kepada Windows dan mengabaikan bagian yang buruk dari disk. Di sinilah gunanya Unstoppable Copier.
      Program ini dapat didownload dari roadkil (http://roadkil.net/program.php?ProgramID=29). Bentuknya adalah file ZIP kecil jadi ringan didownload. Silakan teman - teman pilih sesuai spesifikasi sistem operasi. Setelah download, silakan install ke komputer. Ketika mulai, teman - teman akan disajikan dengan jendela utama.
unstoppable-copier
Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat tab [Settings] untuk melihat konfigurasi aplikasi.
unstoppable-copier2
     Program ini memiliki pilihan yang luas untuk data recovery. Pilihan dapat digunakan untuk berpindah dari [Best Data Recovery] ke [Fastest Data Recovery], tetapi pilihan kedua ini jelas mengurangi upaya yang dilakukan untuk merestore file. Demikian pula, kalian dapat menetapkan jumlah maksimum retries untuk operasi menyalin file. Jika  tidak ingin merestore file dari kawasan yang rusak dari CD atau DVD, pilih [Auto Skip Damaged Files] untuk mempercepat operasi copy.
      Sebagai pilihan yang bermanfaat adalah [Undamaged Files First], karena pertama akan menyalin semua file yang tidak memiliki masalah dan kemudian berfokus pada file yang rusak. Jika waktunya terlalu lama,  kalian dapat memutuskan operasi copy dengan anggapan bahwa semua file yang masih baik telah disalin.
      Kembali ke jendela tab [Copy] di bagian atas, teman - teman dapat memulai pemulihan data dari CD atau DVD. Klik tombol [Browse] di sebelah kanan bidang [Source] dan pilih drive CD / DVD. Berikutnya klik tombol [Browse] untuk [Target] dan pilih lokasi disk di mana kalian ingin menyimpan file restore. Semua yang tersisa sekarang adalah dengan menekan tombol Copy dan duduk sambil minum kopi manis. Tunggu hingga proses selesai.
data-recovery
      Nah yang terakhir ini adalah pesan saya, lain kali teman - teman harus lebih  hati-hati dalam memperlakukan CD-ROM atau DVD, agar tidak mengalami masalah gara-gara CD-ROM atau DVD tidak dapat dibaca komputer.Walaupun hanya masalah seperti itu, bisa membuat pusing kepala kita lho, stress dibuatnya.
     Okey, selanjutnya giliran kalian untuk mencoba mempraktekannya dikomputer kalian masing - masing.Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.***

0 komentar:

Posting Komentar